btn inquiry
Got questions +6221 29037500

Bagaimana Operator Data Center Membantu Kelancaran Bisnis di Masa Pandemi Corona?

04 May 2020


Kebijakan work from home (WFH) bagi para pekerja di masa pandemi Covid-19 ini membuat berbagai pelaku bisnis di Indonesia melaporkan kenaikan lalu lintas data dan penambahan pengguna internet yang signifikan. Pekerjaan dan aktivitas harian kini sangat bergantung pada layanan digital. Sebagai contoh yang terjadi di Indonesia, sejak dua bulan terakhir penggunaan aplikasi online learning meroket 5.404%, penggunaan video conference meningkat 183%, transaksi layanan perbankan digital bertambah 61%, hingga nilai transaksi online melalui e-commerce naik 100%.

 

Bagi para pelaku bisnis, ketika jumlah pengguna layanan digital mengalami peningkatan, mereka harus dapat memastikan kelancaran lalu lintas data pada server. Jika server mengalami downtime, maka sistem website atau aplikasi akan offline dan tidak bisa diakses. Sehingga kinerja para pengguna yang tengah work from home dan sangat bergantung pada layanan digital ini akan terganggu.

 

Operator data center memegang peranan yang signifikan untuk menunjang kelancaran bisnis dan menjadi tulang punggung untuk konektivitas digital. Data center menjadi lokasi penyimpanan server yang memastikan keberlangsungan layanan digital. Dalam hal ini, ada peran tim operator yang selalu siap 24/7 memantau kelancaran data center dengan memastikan pasokan listrik, power & cooling management sesuai dengan jaminan ketersediaan layanan (Service Level Agreement / SLA).

 

Data Center Terapkan Protokol Ketat untuk Perangi Corona 

Krusialnya peran operator data center membuatnya turut menerapkan emergency response untuk menjamin bahwa pelayanan bagi pelaku bisnis dapat tetap berjalan optimal. Namun di sisi lain, industri data center turut menghadapi tantangan kesehatan yang sama pada masa pandemi. Oleh sebab itu, Uptime Institute, organisasi penasihat data center dunia, memberikan sejumlah rekomendasi untuk menjaga kelancaran pelayanan data center di tengah situasi saat ini, di antaranya adalah:

 

1. Mengaktifkan business continuity plan untuk mengidentifikasi keputusan yang harus diterapkan oleh operator data center

2. Meningkatkan frekuensi pembersihan, desinfeksi, serta memperketat akses pengunjung data center

3. Memantau kesehatan staf dan semua pengunjung data center

4.Proaktif berkomunikasi secara intensif dengan klien untuk menginformasikan business continuity plan serta mengidentifikasi efek pandemi untuk bisnis klien

5. Menyediakan akses VPN dan remote monitoring untuk pengelolaan data center dan kelancaran klien dalam mengakses server jarak jauh. Kedua teknologi ini memungkinkan fasilitas data center beroperasi lebih efektif dengan kebutuhan staf on-site yang minim.

 

Rekomendasi di atas turut diterapkan oleh DCI Indonesia sebagai penyedia layanan data center terbesar di Indonesia yang telah mendapatkan sertifikasi Tier IV dari Uptime Institute sejak 2014. Lebih lanjut, DCI sangat memprioritaskan kesehatan dan keselamatan staf untuk turut memastikan ketahanan pusat data. DCI telah mengembangakan empat level diseases outbreak response, di mana situasi pandemi yang terjadi saat ini diklasifikasikan sebagai level emergency ketiga.

Sejumlah hal yang telah dilakukan oleh DCI Indonesia untuk mencegah dan memantau penyebaran virus Corona adalah sebagai berikut:

1. Memeriksa kesehatan dan riwayat bepergian seluruh staf dan pengunjung yang bertugas di lingkungan DCI Indonesia

2. Berkomunikasi secara intensif dengan klien untuk menginformasikan emergency plan serta mengidentifikasi efek pandemi terhadap keamanan data center klien

3. Menerapkan jadwal work from home secara bergantian

4. Menerapkan jam dan area makan siang yang berbeda-beda bagi staf yang bekerja on-site untuk menerapkan physical distancing

5. Menyediakan hand sanitizer, meningkatkan frekuensi pembersihan, dan desinfeksi pada fasilitas DCI Indonesia

6. Menunjuk flu manager yang bertugas untuk mengedukasi langkah pencegahan Covid-19 dan memonitor kesehatan staf DCI Indonesia

 

Seluruh upaya ini dilakukan untuk memastikan kelancaran pelayanan data center terbaik dan menjaga uptime availability dengan standar tertinggi bagi para pelanggan DCI yang berasal dari berbagai industri, seperti perbankan, asuransi, telekomunikasi, cloud computing, pembayaran digital, logistik hingga manufaktur. Kesiapsiagaan telah menjadi DNA industri data center, DCI Indonesia sebagai penyedia layanan data center terbesar di Indonesia, telah dan akan terus memperbaharui emergency plan sesuai dengan  tantangan yang terjadi.